Digitalisasi Bisnis? Berikut Keuntungannya Untuk Bisnismu! - iSeller Blog

Digitalisasi Bisnis? Berikut Keuntungannya Untuk Bisnismu!

Kemajuan teknologi pada era digital membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk dalam dunia bisnis. Kemajuan teknologi tadi lantas membawa perubahan yang cukup signifikan, karena mau tidak mau, para pelaku bisnis harus melakukan penyesuaian supaya tidak tertinggal. Penyesuaian ini yang kerap disebut digitalisasi bisnis.

Lantas, apa sih digitalisasi bisnis itu sendiri? Digitalisasi bisnis adalah proses yang mengubah cara komunikasi, interaksi, alur dan segala manfaat dalam bisnis menjadi digital.

Dengan adanya digitalisasi bisnis ini, para pelaku usaha beralih dari sistem yang konvensional atau manual ke sistem virtual dengan banyak kelebihan, salah satunya adalah banyak hal dalam bisnis yang bisa dilakukan secara otomatis. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk tau bagaimana digitalisasi bisnis bisa membawa keuntungan untuk bisnismu!

Baca juga: Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Biaya Lebih Murah

Banyak pelaku bisnis yang menolak untuk mendigitalisasi bisnisnya cenderung takut akan biaya yang harus dikeluarkan. Sebaliknya, ketika berpindah melakukan bisnis di jalur digital, pelaku bisnis bisa memotong biaya yang tidak perlu, seperti biaya menyewa lapak untuk berjualan.

Melalui jalur digital, para pelaku bisnis bisa menjual barangnya di marketplace dan toko online. Selain biaya yang cukup murah, bahkan gratis, para pelaku usaha juga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan memasuki ranah digital.

Jangkauan Pasar Semakin Luas

Dengan adanya digitalisasi, para pelaku bisnis memiliki potensi pasar yang luas dan besar dibandingkan dengan berjualan di toko offline yang mereka miliki. Karena tidak terbatas pada satu media sosial atau marketplace, para pelaku bisnis bisa memilih media mana saja yang akan mereka gunakan untuk berjualan.

Berbeda dengan toko offline yang memiliki jam operasional, toko online bisa buka dan diakses selama 24 jam dalam seminggu. Jika merasa promosi toko online belum cukup, bisa mencoba untuk mempromosikan lewat iklan media sosial.

Bisnismu Jadi Lebih Profesional

Tidak hanya berpotensi meraup keuntungan lebih banyak melalui pelanggan yang lebih mudah dijangkau, memasuki ranah digital membuat para pelaku bisnis memiliki lebih banyak pesaing.

Untuk mendapat kepercayaan calon pelanggan, para pelaku bisnis diharapkan sudah memiliki media sosial serta website untuk bisnis sebagai media pemasaran. Pelanggan akan lebih percaya dengan bisnis yang memiliki informasi yang jelas dan lengkap, serta mudah ditemukan di media sosial atau media online lainnya.

                                Baca juga: 11 Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

Kualitas Produk yang Lebih Baik

Jangkauan pasar yang lebih besar dan luas akan membuat para pelaku bisnis menghasilkan produk yang lebih berkualitas, karena bisa saja pelanggan yang membeli merupakan pelanggan mancanegara. Agar produknya lebih menarik, para pelaku bisnis ini bisa mengusung konsep yang unik dan eye-catching baik dari segi kemasan ataupun bahan yang mereka gunakan.

Ekspansi Bisnis

Lantaran pengguna internet yang berasal dari berbagai pelosok dunia, para pelaku bisnis bisa saja melakukan ekspansi bisnis ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Hal ini tentu menjadi kabar yang baik bagi para pelaku bisnis. Karena jika produknya dapat menyasar ke mancanegara, bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Strategi Digitalisasi Lebih Mudah Bersama iSeller

Jika kita berbicara manfaatnya, digitalisasi bisnis memang sangat penting untuk dilakukan sehingga bisnis dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Untuk membantu kamu mengelola bisnismu, kamu juga harus memiliki sistem dan teknologi yang tepat agar bisnismu berjalan lancar.

iSeller merupakan platform omnichannel yang bisa membantu kamu mengelola bisnismu lebih baik lagi. Dengan mengintegrasikan bisnis online, offline, serta di berbagai marketplace, kamu bisa memantau semua bisnismu dengan lebih mudah dalam satu layar saja.

Kamu juga bisa mendapatkan laporan penjualan harian, mingguan, hingga bulanan secara otomatis yang bisa kamu cek melalui hp saja! Yuk, mulai digitalisasi bisnismu dengan membuat website toko online di iSeller gratis!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading