Hindari Persaingan Usaha yang Tidak Sehat dengan 6 Tips Ini! - iSeller Blog

Hindari Persaingan Usaha yang Tidak Sehat dengan 6 Tips Ini!

persaingan usaha

Sebagai pelaku usaha, salah satu hal yang harus kamu hadapi adalah persaingan usaha. Persaingan ini dilakukan untuk merebut hati konsumen atau pelanggan. Para pelaku usaha akan berusaha keras dalam menawarkan produk dan jasa yang menarik, baik dari segi harga, kualitas dan pelayanan.

Persaingan usaha merupakan sebuah proses persaingan perusahaan dalam industri atau bidang yang sama. Meski tampak menakutkan, tapi sebenarnya ini adalah komponen penting dalam berbisnis yang akan memaksamu untuk terus berinovasi dan mengikuti tren berbisnis, lho. 

Jenis-Jenis Persaingan Usaha

Saat berbicara tentang persaingan usaha, maka pertanyaan selanjutnya yang muncul di benak kamu mungkin adalah jenis kompetisi apa saja yang ada di dunia usaha? Nah, berikut ini adalah jenis-jenis persaingan usaha yang perlu diketahui:

  • Persaingan Langsung: pesaing kamu berada di lini bisnis yang sama dan mereka menawarkan produk dan layanan yang sama. Persaingan jenis ini mencakup banyak hal yang menjadi target pesaing, mulai dari harga, layanan, fitur tertentu, titik penjualan, dan lainnya.
  • Persaingan Tidak Langsung: pesaing kamu menawarkan produk atau layanan yang sama, tetapi mereka punya tujuan pemasaran dan bisnis yang berbeda dan mereka mengadopsi strategi bisnis yang berbeda untuk menargetkan pasar mereka.
  • Persaingan Pengganti: merupakan jenis persaingan bisnis yang paling sulit untuk diidentifikasi di antara para pesaing, karena mereka menggunakan sumber daya yang sama dari produk atau layanan kamu, tetapi mereka menawarkan sesuatu yang lain.

Kenapa Persaingan Usaha Penting bagi Bisnis?

persaingan usaha
Sumber: Freepik

Sebagian pelaku usaha menganggap persaingan bisnis, terutama persaingan usaha tidak sehat sebagai hal yang negatif. Apakah kamu adalah salah satunya?

Jika iya, kamu harus tahu bahwa sebenarnya persaingan usaha juga termasuk hal yang cukup penting di dalam bisnis, karena:

  • Persaingan usaha bisa membuat bisnis menelusuri lebih jauh mengenai kebutuhan, keinginan, dan permintaan aktual pelanggan, serta membuat bisnis lebih tertarik untuk melayani mereka lebih baik daripada pesaingnya.
  • Persaingan usaha akan membuat bisnis kamu menyadari kekuatan dan kelemahannya yang sebenarnya.
  • Selain itu, persaingan usaha juga akan mendorong bisnis untuk fokus pada hal yang lebih dari sekedar penawaran, terutama dalam segi pemasaran, branding, layanan pelanggan, dan retensi pelanggan.
  • Persaingan usaha mampu menjaga agar bisnis kamu tetap waspada dan mendorong kebiasaan untuk terus berinovasi dan membuat produk lebih baik.
  • Secara tidak langsung, persaingan usaha juga dapat mendidik pebisnis tentang seluk-beluk cara kerja pasar biasa, cara memposisikan merek, cara berproduksi secara efisien, dan cara memasarkan penjualan secara efektif.
  • Lalu, persaingan juga akan memberikan konsumen opsi untuk dipilih saat berbelanja.

Baca juga: Miliki Customer Service Andal, Wajib Kuasai 12 Skill Ini!

Tips Menghindari Persaingan Usaha yang Tidak Sehat

persaingan usaha
Sumber: Freepik

Persaingan usaha bisa datang dalam berbagai bentuk. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam bisnis untuk menghindari persaingan usaha yang tidak sehat:

  1. Melakukan riset pasar sebelum memulai sebuah usaha untuk mempelajari kondisi pasar. Termasuk mengidentifikasi kebutuhan, berbicara dengan pelanggan, hingga memahami persaingan.
  2. Mengenali pesaing bisnis yang gagal di masa lalu dan pesaing potensial di masa depan juga. 
  3. Cari tahu diferensiasi kompetitif kamu. Diferensiasi yang baik biasanya berkaitan dengan keunggulan produk, pemasaran, hingga penjualan. Kalau sudah mengetahui diferensiasi produk, maka kamu sudah tidak perlu khawatir dengan persaingan usaha tidak sehat.
  4. Memperhatikan pesaing, tetapi tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Berfokus pada penciptaan produk terbaik yang disukai pelanggan adalah pertahanan terbaik kamu dalam melawan persaingan usaha tidak sehat. Daripada membaca berita harian soal persaingan usaha tidak sehat, lebih baik kamu membuat ulasan setiap beberapa bulan mengenai kedua bisnis atau produk yang tengah bersaing. Dengan cara ini maka kamu bisa melacak apa yang terjadi, tanpa perlu stres karena terlalu fokus mengikuti pesaing kamu setiap hari.
  5. Memberikan layanan pelanggan yang hebat dan mudah diingat adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas di antara pelanggan dan membedakan diri kamu dari pesaing. Sehingga, secara tidak langsung hal ini bisa menghindari persaingan usaha tidak sehat.
  6. Jangan lupa memanfaatkan teknologi, karena pemanfaatan teknologi sangat penting untuk mendukung operasional usaha secara keseluruhan. Sehingga usaha kamu dapat tetap mengungguli persaingan usaha sehat maupun persaingan usaha tidak sehat.

Baca juga: 7 Tips Memajukan Bisnis E Commerce Hingga Meroket, Catat Ya!

iSeller Akan Memudahkan Kamu dalam Berbisnis

Begitu pentingnya peran teknologi dalam menjalankan bisnis di era modern seperti saat ini. Kamu bisa mengandalkan iSeller, yang merupakan satu platform untuk semua kebutuhan bisnis kamu. iSeller ini terdiri dari fitur-fitur yang lengkap dan canggih, mulai dari inventaris, marketing dan promosi hingga channel penjualan yang beragam, di mana semuanya bisa kamu akses dengan mudah dari handphone maupun web.

Pelajari lebih lanjut mengenai berbagai fitur menarik dari iSeller, langsung saja klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading