Simak pengertian dan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk Bisnis - iSeller Blog

Simak pengertian dan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk Bisnis

Hak Kekayaan Intelektual untuk Bisnis

Sebagian dari kamu mungkin belum pernah mendengar apa itu Hak Kekayaan Intelektual atau yang kita kenal sebagai HAKI. Gimana sih pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk bisnis? Kamu harus simak pengertian Hak Kekayaan Intelektual juga pentingnya hak ini untuk bisnis.

Baca juga: Aplikasi jualan UMKM dan Pemula Bisnis

Apa itu Hak Kekayaan Intelektual?

Hak kekayaan intelektual sendiri adalah hak yang bisa kamu dapat secara eksklusif selama jangka waktu tertentu kepada orang atas sebuah ciptaan, ide, dan kreasi yang mereka hasilkan. Hak ini bisa kamu dapatkan langsung secara otomatis ataupun kamu daftarkan dahulu pada instansi terkait sebagai bentuk penghargaan atau pengakuan hak yang memerlukan perlindungan hukum

Kategori HAKI

  1. Hak Cipta

Hak cipta adalah hak eksklusif yang muncul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah sebuah ciptaan terwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai ketentuan peraturan perundangan. Jadi, ketika seseorang menciptakan karya asli dan terpasang pada media yang nyata, orang tersebut sudah secara otomatis memiliki hak cipta atas karya yang dia buat.

Jenis pekerjaan yang memenuhi syarat untuk dapat hak cipta antara lain:

  • Karya Audio visual
  • Karya tulis
  • Karya visual
  • Rekaman suara dan komposisi music
  • Video game
  • Karya dramatis
  • Hak Kekayaan Industri

Hak ini adalah hak yang mengatur semua hal milik perindustrian dan terdiri atas hak merek, paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, dan varietas tanaman.

  1. Hak paten adalah hak yang diberikan negara kepada inventor atas hasil invensi di bidang tekonologi.
  2. Hak Merek merupakan hak khusus yang diberikan negara kepada pemilik merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu.
  3. Desain industri adalah kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi gartis dan warna. Kreasi  ini bisa menghasilkan produk, barang, komoditas industry, atau kerajinan tangan.
  4. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu adalah produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi yang terdapat berbagai elemen aktif di dalamnya.
  5. Rahasia dagang adalah informasi yang dirahasiakan untuk umum dan biasanya mengenai bidang teknologi atau bisnis.
  6. Indikasi Geografis ini memiliki hak sebagai tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang.

Hak Kekayaan Intelektual Untuk Bisnis

Ketika memulai bisnis, salah satu elemen penting yang menjadi pertimbangan adalah memberikan perlindungan terhadak hak kekayaan intelektual terhadap bisnis kamu. Dengan begitu, aset-aset penting bisnis kamu juga terlindungi dari pembajakan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan, jika kamu baru membuka bisnismu, entah itu berbentuk start up atau UKM, perlindungan Hak Kekayaan Intelektual ini harus kamu lakukan, karena adanya Hak Kekayaan Intelektual ini, kamu bisa terlindungi dari serbuan kompetitor, pembajakan, dan juga pemilik modal besar. Jika kamu Sudah mendaftarkan bisnismu, kamu bisa melarang pihak lain untuk menggunakan Hak Kekayaan Intelektual yang kamu miliki.

Adanya Hak Kekayaan Intelektual juga memiliki tujuan, yaitu:

  1. Sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan atas hasil karya atau kreativitas seseorang
  2. Mendorong inovasi dan kreativitas
  3. Memicu semangat untuk masyarakat membuat ide kreatif tanpa takut karya atau idenya akan diakui orang lain

Baca juga: Guerilla Marketing: Strategi Promosi Bisnis Murah dan Unik

Itulah pengertian, jenis, dan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk bisnis kamu. Jangan lupa juga, kamu harus bisa mengelola bisnis dengan efektif dan efisien. Kamu bisa coba sistem omnichannel iSeller untuk membantu kamu kelola bisnis online, offline dan di berbagai marketplace dalam satu layar aja. Coba gratis sekarang yuk!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading