7 Cara Meningkatkan Penjualan bagi Online Shop Baru

cara meningkatkan penjualan
cara meningkatkan penjualan

Ada berbagai cara meningkatkan penjualan, khususnya bagi online shop baru. Bentuk bisnis skala kecil atau besar, semua pasti ingin meningkatkan penjualan. Namun persaingan bisnis yang ketat membuat tujuan itu tidak selamanya bisa dicapai dengan mudah dan cepat.

Beruntung, kemajuan zaman membuat bisnis online menjadi suatu hal yang tidak asing di tengah-tengah masyarakat. Kamu bisa melihat bagaimana masyarakat lebih senang untuk belanja online dibandingkan offline. Aktivitas belanja lebih mudah karena online shop yang merajalela dengan berbagai produk menarik dan barisan promo. Hanya perlu duduk manis di rumah, maka barang sampai ke rumah.

Dengan menjadi gaya bisnis favorit masyarakat, meningkatkan penjualan online sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Poin paling penting dari target ini adalah mencoba beberapa strategi atau cara yang diberikan iSeller di sini.

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Cara-cara untuk meningkatkan penjualan bisnis online memang terhitung beragam. Namun semuanya bisa kamu coba agar dapat mencari cara paling tepat. Berikut adalah cara-caranya.

1. Memanfaatkan Media Sosial

Siapa yang tidak bermain media sosial? Sebagian besar masyarakat yang menjadi target konsumen kamu pasti bermain media sosial. Kamu wajib memanfaatkan media sosial sebagai sarana meningkatkan penjualan online.

Dua media sosial yang wajib dijadikan platform untuk promosi sekaligus berjualan adalah Instagram dan Facebook. Mengingat masyarakat Indonesia menjadi pengguna aktif di sana. Melalui media sosial, kamu bisa melakukan promosi sambil mengunggah postingan. Interaksi dengan konsumen juga menjadi mudah di sana. 

Baca Juga: 6 Teknik Efektif Berjualan di Media Sosial

2. Pamerkan Testimoni Pelanggan

Ketika sudah ada beberapa testimoni pelanggan di platform online shop kamu, jangan lupa untuk memamerkannya. Sebenarnya langkah ini tidak dilakukan oleh semua online shop. Padahal tidak salah juga untuk dilakukan.

Dengan menunjukkan testimoni pelanggan, kamu bisa lebih mudah untuk meyakinkan calon konsumen. Mereka menjadi lebih percaya untuk membeli produk atau jasa bisnis kamu.

3. Sediakan Produk di Berbagai Platform

Saat ini telah tersedia berbagai platform untuk berjualan online seperti yang kamu ketahui. Marketplace, e-commerce, dan media sosial menjadi platform yang wajib kamu manfaatkan. Jika kamu ingin membuat toko online atau website sendiri, hal ini juga terhitung bagus karena meningkatkan rasa percaya konsumen kepada bisnis. 

Dengan menyediakan produk di berbagai platform, konsumen menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Tidak dapat dimungkiri bahwa banyak konsumen yang memiliki preferensi sendiri terkait platform online shop kesukaan mereka. 

Baca Juga: Tips Foto Produk Toko Online yang Menarik

4. Buat Iklan yang Jujur

Kejujuran adalah nilai penting yang pasti kamu pelajari sejak usia dini. Nilai ini juga harus dipegang dalam membuat iklan. Kejujuran dalam membuat iklan menjadi titik krusial untuk reputasi bisnis kamu. Mengapa begitu? Alasan utamanya adalah jangan sampai konsumen merasa tertipu setelah memberikan produk atau layanan kamu, tetapi malah tidak sesuai iklan.

Sebaiknya tonjolkan iklan yang kreatif, unik, dan menarik. Daripada membuat iklan yang membahas klaim-klaim tidak jujur. Ketika kamu memutuskan untuk membuat iklan yang tidak jujur, jangan aneh kalau kredibilitas bisnis bisa menjadi buruk pada kemudian hari.

5. Sediakan Berbagai Opsi Pembayaran

Banyaknya opsi pembayaran yang ada pada saat ini perlu kamu manfaatkan. Kamu bisa meminta mereka menggunakan berbagai bank, kartu kredit, hingga mobile payment

Menawarkan berbagai opsi pembayaran dapat meningkatkan kenyamanan konsumen dalam membayar produk atau jasa kamu. Selain itu konsumen menjadi lebih untuk menentukan mereka mau membayar dari mana. Online shop kamu akan dipandang sebagai bisnis yang mampu mengakomodir kebutuhan konsumen.

6. Aktif Interaksi dengan Konsumen

Sebagai sebuah bisnis, kamu jangan lupa untuk membuka diri dengan konsumen. Pastikan kamu aktif berinteraksi dengan konsumen di berbagai platform, khususnya di media sosial. Ketika ada konsumen yang bertanya, sebaiknya langsung segera dijawab. 

Jangan sampai membiarkan mereka menunggu atau bahkan tidak menjawabnya sama sekali. Semakin lama membalas pertanyaan mereka, maka niat konsumen untuk membeli produk bisnis kamu dapat menghilang.

Kemudian, berinteraksi dengan konsumen membuat mereka menjadi lebih nyaman. Ada kesan saling menghargai di sana. Konsumen menjadi lebih nyaman untuk membeli produk kamu. Tidak ada salahnya untuk bersikap terbuka dan ramah dengan konsumen. Khususnya jika kamu memang menargetkan angka penjualan tertentu.

7. Menggunakan Aplikasi Online Shop

Kamu sudah membaca penjelasan tentang perlunya memanfaatkan berbagai macam platform untuk online shop seperti marketplace, e-commerce, website, dan media sosial. Namun bagaimana jika ternyata kamu menjadi kebingungan untuk mengurus seluruh transaksi dari berbagai platform? Berarti sudah waktunya menggunakan aplikasi online shop.

iSeller telah hadir untuk memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan dengan membuat online shop di berbagai marketplace populer. Kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam mengurus seluruh pesanan, inventaris, pelanggan, dan manajemen harga dalam satu aplikasi Marketplace dari iSeller.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara meningkatkan penjualan bagi online shop baru. Temukan kemudahan dalam mengelola berbagai marketplace kamu seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, hanya dengan satu fitur Integrasi Marketplace dari iSeller. Kunjungi iSeller untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi Marketplace yang menawarkan berbagai macam keunggulan dan telah dipercaya ribuan brand premium sekarang juga!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: