Buktikan! 9 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Pelanggan - iSeller Blog

Buktikan! 9 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan

Mengapa kepuasan pelanggan itu sangat penting? Harus disadari bahwa pelanggan zaman sekarang ini sudah berubah dan banyak merasakan strategi penjualan yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus dapat menggunakan strategi pemasaran yang menjangkau pelanggan dengan cara yang unik.

Sebaliknya, jika kamu tidak dapat melakukannya, maka pelanggan tidak akan bertahan. Untuk itu, kamu harus menggunakan berbagai cara untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan mereka terhadap produk/jasa yang kamu tawarkan.

Apa yang Dimaksud dengan Kepuasan Pelanggan?

Kepuasaan pelanggan merupakan level kepuasan yang bisa dirasakan oleh konsumen/pelanggan terhadap produk kamu, baik berupa barang ataupun jasa setelah mereka membandingkan dengan apa yang diharapkan.

Itu artinya, pelanggan akan merasa puas kalau apa yang mereka dapatkan melebihi dari apa yang mereka harapkan dari produk tersebut.

Kenali Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan
Sumber: Freepik

Sebelum mengetahui bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan, kamu harus tahu dulu nih apa saja faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Di antaranya adalah kualitas produk, di mana setiap pelanggan pasti mengharapkan produk yang dibeli memiliki kualitas yang sesuai dengan yang dijanjikan. 

Faktor lainnya adalah layanan pelanggan (customer service), di mana kualitas layanan pelanggan ini juga dipengaruhi oleh kecepatan, ketepatan dan keramahan tim customer service. Selain itu, harga yang ditawarkan hingga kemudahan pelanggan untuk mengakses atau mendapatkan produk kamu juga merupakan faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan.

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan
Sumber: Freepik

Cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ada beragam, tergantung pada kebutuhannya. Cobalah untuk mengikuti cara meningkatkan kepuasan pelanggan berikut ini, dan lihatlah bagaimana bisnis kamu akan terus maju dan berkembang.

  1. Berikan produk yang berkualitas.
  2. Berikan pelayanan yang ramah dan terbaik dari segi ketepatan waktu hingga informasi yang mudah dipahami pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa leluasa menyampaikan keluhannya dan bisa mendapatkan solusi secepat mungkin.
  3. Terapkan budaya customer-centric, dengan cara memberikan perhatian khusus untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan baik dalam produk maupun layanan pelanggan. Kamu perlu memahami apa yang dibutuhkan pelanggan atau target pasar, sehingga hal ini akan memudahkan untuk membuat produk atau menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  4. Sesuaikan harga produk. Berikan harga atau biaya yang sesuai nilai/kualitas produk dan kondisi pasar, bahkan jika diperlukan kamu bisa menawarkan harga sedikit di bawah pasar untuk menarik minat pelanggan. 
  5. Tawarkan jaminan atau garansi. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman ke pelanggan. Misalnya dengan produk dapat ditukar jika tidak bisa digunakan, tentunya hal ini akan membuat pelanggan percaya dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
  6. Perlakukan pelanggan seperti raja, dengan cara berusaha memenuhi semua kebutuhan pelanggan sehingga mereka akan merasa puas dan dihargai.
  7. Bangun komunikasi yang efektif, dengan cara menyediakan media yang mudah untuk bisnis dan pelanggan berinteraksi.
  8. Berikan reward ke pelanggan loyal, seperti voucher atau diskon khusus agar pelanggan tidak berpaling ke kompetitor.
  9. Lakukan survei kepuasan pelanggan untuk mengetahui apakah strategi yang kamu terapkan berhasil. Caranya bisa dengan membagi form atau menanyakan secara langsung melalui customer service atau call center. Survei itulah yang bisa menjadi bahan evaluasi kamu untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Baca juga: Cara Manajemen Bisnis dan Penerapannya Dalam Bisnis Kamu

Kepuasan Pelanggan Itu Sangat Penting, Pilih Sistem Penjualan yang Praktis!

kepuasan pelanggan
Sumber: isellercommerce.com

Bagi sebuah bisnis atau perusahaan, mencermati dan memerhatikan bagaimana tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan menjadi kunci bagi eksistensi bisnisnya. Perusahaan yang mampu mendapatkan tingkat kepuasan tinggi pada pelanggannya, maka pada umumnya akan lebih unggul dari kompetitornya. 

Namun, perusahaan tidak boleh hanya berpuas diri dalam level itu saja karena bisa saja kompetitor akan mengungguli sewaktu-waktu. Perusahaan juga harus mampu menjaga stabilitas kepuasaan pada pelanggan supaya levelnya tetap tinggi. Dengan begitu, meskipun ada kompetitor baru pelanggan akan tetap memilih produk atau layanan kamu..

Baca juga: Aplikasi jualan UMKM dan Pemula Bisnis

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah melakukan strategi penjualan yang menarik, hingga menyediakan sistem pembayaran yang mudah. Sehingga pelanggan merasa senang dan nyaman melakukan transaksi, sehingga kepuasan pelanggan dapat diraih.

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan sistem penjualan praktis iSeller dengan sistem bisnis yang saling terhubung. iSeller terdiri dari fitur-fitur yang lengkap dan canggih, mulai dari inventaris, marketing, promosi, hingga channel penjualan beragam, yang bisa diakses dengan mudah dari handphone maupun website.

Dirancang dengan teknologi terbaru yang handal, iSeller menyediakan fitur-fitur berjualan yang lengkap dan mudah, sehingga dapat menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, serta memajukan bisnis Anda dengan cepat. Pelajari lebih lanjut, dan pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Coba GRATIS, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading