11 Macam Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

bisnis rumahan yang menjanjikan
bisnis rumahan yang menjanjikan

Dengan kemajuan dan semakin mudahnya akses pada teknologi, kini siapapun dapat memulai bisnis mereka sendiri bahkan dari rumah. Teknologi banyak membuka peluang usaha rumahan yang sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai bisnis, baik sebagai penghasilan utama atau sampingan. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai mempelajari berbagai ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

Teknologi internet yang semakin canggih dan mudah diakses benar-benar membuka banyak peluang usaha bagi kamu yang ingin membuka bisnis. Kamu tidak hanya dapat menemukan informasi yang kamu butuhkan untuk membuka usaha tetapi juga berbagai ide usaha yang dapat kamu coba.

Berikut adalah beberapa ide bisnis rumahan menjanjikan yang dapat kamu coba.

Apa Saja Bisnis Rumahan yang Menjanjikan?

Hampir setiap jenis usaha kecil hingga menengah dapat kamu lakukan sendiri dari rumah. Tetapi, tentu tidak setiap peluang usaha rumahan yang ada itu menjanjikan. Tiap peluang usaha rumahan juga memiliki tingkat kesulitannya serta besaran modalnya masing-masing.

Untuk membantu kamu menemukan peluang usaha rumahan yang tepat, berikut adalah beberapa ide bisnis rumahan yang dapat kamu coba.

1. PPOB

PPOB atau Payment Point Online Banking adalah salah satu peluang usaha rumahan yang cukup digemari.

Secara simpel, PPOB adalah tempat di mana pelanggan dapat melakukan berbagai jenis pembayaran tagihan, mulai dari listrik, air, hingga pulsa, di satu tempat. Karena sifatnya ini, jenis bisnis PPOB memiliki prospek yang menjanjikan. Siapa yang tidak harus membayar tagihan mereka tiap bulan?

Bisnis PPOB termasuk ke dalam ide usaha rumahan modal kecil. Hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan 100 ribu, kamu sudah bisa membuka jasa pembayaran ini. Tentu semakin besar modal yang kamu keluarkan, pemasukan kamu juga akan semakin besar.

2. Dropship

Dropship adalah salah satu ide usaha rumahan modal kecil yang banyak digemari orang-orang. Kamu bahkan dapat memulai bisnis rumahan ini tanpa modal!

Dropshipping sendiri adalah model bisnis dari rumah berbasis online di mana kamu tidak perlu mengelola produk fisik apa pun. Kamu bisa memulai usaha rumahan modal kecil ini dengan menyiapkan toko online serta akun media sosial untuk melakukan promosi, dan bermitra dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan.

Siapkan toko online yang menarik dan efektif serta strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan.

Baca Juga: Strategi Jadi Online Shop yang Paling Dicari Pelanggan

3. Katering Rumahan

Jika kamu memiliki bakat memasak dan menghabiskan banyak waktu kamu melakukan pekerjaan rumah tangga, maka peluang bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu.

Bisnis rumahan satu ini pun juga dapat kamu mulai dari kecil. Kamu misalnya bisa mulai dengan menyiapkan pesanan makanan orang sehari-hari. Biasanya orang-orang yang bekerja di area perkantoran akan memiliki jadwal yang padat dan tidak bisa menyiapkan makanan mereka sendiri. Orang-orang seperti ini bisa menjadi target pasar kamu.

Lalu, jika kamu sudah memiliki keahlian yang semakin tinggi dan modal yang semakin besar, kamu bisa mulai menargetkan acara-acara di sekitar rumah.

Untuk membangun bisnis katering rumahan dengan lebih baik, kamu bisa merubah bisnis kamu menjadi bisnis online dengan membuat website atau menjadi mitra dari layanan delivery, seperti Grab.

Baca Juga: 6 Tren Bisnis Makanan yang Bisa Kamu Coba

4. Desain Grafis

Menawarkan jasa desain grafis adalah salah ide bisnis sampingan yang cukup digemari banyak orang. Dengan modal laptop atau komputer yang cukup kuat dan keahlian desain grafis, kamu bisa mulai usaha sampingan ini dengan segera.

Tidak hanya itu, kamu bahkan dapat menemukan banyak platform yang menyediakan tempat bagi kamu untuk mempromosikan bisnis kamu. Tidak jarang juga kamu akan menemukan klien dari negara luar yang bersedia membayarmu dengan dollar.

5. Budidaya Ikan

Budidaya ikan memang memang adalah salah satu ide rumahan yang menjanjikan. Kamu bisa memilih untuk melakukan budidaya ikan hias atau konsumsi.

Keduanya memiliki keahlian dan modalnya masing-masing. Yang jelas, keduanya memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan yang menjanjikan untuk kamu.

6. Print on Demand

Print on demand bisa menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Jual desain khusus pada barang-barang seperti casing telepon, mug, dan kaos namun tidak perlu mencetaknya sendiri. 

Kolaborasi dengan pemasok yang mencetak desain kamu pada produk, mereka bahkan akan mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang logistik. Dalam hal pemasaran, bermitra dengan influencer Instagram untuk mempromosikan item POD adalah cara yang efektif untuk menjangkau audiens.

Baca Juga: 5 Tips Promosi dan Jual Produk Kamu di Social Media

7. Menjadi Tutor Online

Menjadi tutor online juga merupakan cara populer untuk menghasilkan uang di rumah saat ini. Ada banyak orang tua yang anaknya tidak pandai di bidang atau mata pelajaran tertentu dan membutuhkan tutor untuk membantu anak-anak mereka agar bisa memahami mata pelajaran tersebut. Jika kamu percaya diri dan memiliki pemahaman yang baik tentang mata pelajaran tertentu seperti Matematika, Bahasa Asing, Sastra, atau bidang keterampilan tertentu. Maka kamu akan bisa memulai bisnis ini. Gunakan sosial media atau website untuk mulai memperkenalkan bisnis Anda ke khalayak ramai.

Baca Juga: 7 Macam Media Pemasaran Online untuk Mempromosikan Bisnis

8. Jual Produk Buatan Sendiri

Jika kamu bisa membuat sendiri produk atau kenal seseorang ahli, pertimbangkan untuk mengubah hobi itu menjadi bisnis. Kamu bisa menyimpan dan menjualnya dari rumah sendiri. Ketika kamu memiliki kemampuan untuk mengontrol hampir setiap aspek produk yang dijual, berarti kamu bisa lebih hemat dari segi biaya serta meningkatkan kualitasnya. Cukup dengan website yang mumpuni, maka kamu bisa memulai bisnis ini dan dapatkan keuntungan yang banyak.

9. Penerjemah

Jika kamu menguasai banyak bahasa, maka ini adalah ide bisnis rumahan yang cocok. Sebagai penerjemah, kamu dapat melayani bisnis dan klien dengan berbagai cara. Mulai dari menerjemahkan artikel, siaran pers, e-book, atau karya tulis lainnya. Kamu juga bisa menerjemahkan video, podcast, atau berbagai produk visual lainya. Dengan pengalaman lebih dari satu bahasa dan akses ke internet, kamu akan bisa menjalankan bisnis ini dari rumah tanpa ada kendala.

10. Jasa Penitipan Hewan

Jenis bisnis jasa memiliki banyak peluang usaha rumahan yang dapat kamu coba, salah satunya jasa penitipan hewan.

Kamu dapat memulai usaha rumahan ini dengan bermodalkan lahan yang tidak terlalu besar dan beberapa kandang hewan serta peralatan lainnya. Mengapa bisnis rumahan ini bisa menjanjikan? Karena banyak orang-orang yang harus menitipkan hewan mereka ketika pergi jauh atau berlibur.

11. Jasa Laundry

Peluang usaha rumahan terakhir yang dapat kamu coba adalah jasa cuci atau laundry. Bisnis usaha ini merupakan salah satu jenis bisnis rumahan yang tidak akan ada matinya.

Selain itu, usaha ini dapat kamu mulai secara kecil; kamu bisa mulai dengan memiliki satu mesin cuci terlebih dahulu dan mencari pelanggan dari orang-orang di sekitar. Setelah memiliki modal yang cukup, kamu bisa mulai membeli beberapa mesin cuci dan peralatan lainnya untuk kemudian memperbesar usaha rumahan kamu.

Itulah dia beberapa macam bisnis rumahan yang menjanjikan saat ini. Melalui bisnis-bisnis ini kamu akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan ataupun keuntungan yang besar. Pada kemudian hari akan bisa dikembangkan menjadi bisnis yang lebih maju dan bisa menghasilkan dengan banyak. Mungkin salah satunya bisa membuat kamu tertarik. Jika iya, tentu akan butuh website untuk memulai. Untuk hal ini, kamu bisa mencoba website toko online dari iSeller. Kamu tidak perlu pusing lagi dalam membuat  website toko online berkualitas. Segera daftar dan coba secara gratis selama 14 hari di sini.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: