Memasuki Pertengahan Tahun, Siapkan 5 Hal Ini Untuk Bisnismu - iSeller Blog

Memasuki Pertengahan Tahun, Siapkan 5 Hal Ini Untuk Bisnismu

Tidak terasa kita akan memasuki bulan Juni, yang berarti kita sudah memasuki pertengahan tahun 2022. Perubahan juga banyak terjadi dibandingkan tahun lalu, banyak destinasi wisata dan bisnis yang sudah mulai pulih dan bangkit kembali.

Jika bisnismu salah satunya, kamu tidak boleh lupa, banyak hal juga yang harus kamu perhatikan untuk bisnismu. Salah satunya adalah meninjau bisnismu selama 6 bulan ke belakang.

Tinjauan bisnis ini berfungsi untuk memantau perkembangan bisnis, mengevaluasi kinerja staff dan alur keuangan bisnismu. Lalu, apa saja sih yang harus kamu persiapkan untuk evaluasi bisnis memasuki pertengahan tahun ini? Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan!

Visi dan Misi Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, kamu tentu punya visi dan misi bisnis yang ingin kamu capai. Visi dan Misi merupakan sebuah tolak ukur untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan dalam bisnis, sehingga bisnismu memiliki dasar dalam membuat kebijakan dan aturan untuk kepentingan bisnis maupun pekerjamu. Kamu harus menentukan tujuan pasti yang bisa membantu kamu dalam mencapai visi dan misi bisnismu, baik itu untuk jangka waktu yang pendek atau yang panjang.

Meninjau Laporan Keuangan

Keuangan merupakan hal penting dalam bisnis. Penting untuk kamu tau bagaimana keadaan keuangan bisnismu dan meninjau pemasukan serta pengeluaran yang terjadi selama 6 bulan ke belakang.

Kamu bisa menentukan keuntungan dan kerugian melalui laporan laba rugi. Laporan ini memiliki fungsi penting untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan kamu. Tapi tidak hanya itu, kamu juga bisa tau efisiensi serta efektivitas bisnis dan mengukur perkembangan entitas bisnismu melalui laporan ini.

Melakukan Analisis Pengeluaran

Saat kamu meninjau keuntungan dan kerugian, kamu juga bisa melakukan analisis pengeluaran. Jika arus kasmu menunjukkan lebih banyak pengeluaran dibanding pemasukan, ada du acara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini, yaitu meningkatkan penjualan atau memotong biaya produksi. Namun, kamu harus terlebih dahulu menemukan penyebab lebih banyaknya pengeluaran yang terjadi selama pertengahan tahun ini.

Meninjau Kinerja Staff

Baik atau buruknya kiinerja staff tentu mempengaruhi jalannya bisnismu. Kinerja karyawan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan suatu bisnis. Kinerja yang bagus, akan mengikuti hasil baik pada perkembangan bisnismu. Jika sebaliknya, kinerja karyawan yang buruk juga akan berdampak negatif.

Kamu bisa menilai kinerja ini berdasarkan kualitas, kuantitas, waktu kerja dan hasil kerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa melihat faktor lain seperti waktu kerja, keterlambatan, jumlah absen dan lamanya masa kerja karyawan.

Rencana dan Strategi Bisnis ke Depannya

Setelah mengetahui dan mengevaluasi banyak hal, kamu juga harus menentukan rencana dan strategi untuk bisnismu ke depannya. Rencana ini akan membantu kamu menemukan apa yang tidak dan bisa kamu lakukan, sehingga kamu bisa menentukan prioritas ketika kamu menjalankan bisnismu.

Kamu perlu memikirkan beberapa pertimbangan ketika membuat rencana bisnis, karena menjalankan bisnis tanpa rencana hanya akan mendorong kamu pada risiko. Jadi, luangkan waktumu untuk menentukan rencana serta strategi bisnis ke depannya dengan matang

Itulah beberapa hal yang bisa kamu siapkan untuk bisnismu memasuki pertengahan tahun 2022. Jangan lupa juga untuk memaksimalkan kanal penjualan lain untuk menjangkau pelangganmu lebih banyak sehingga penjualanmu pun bisa semakin meningkat. Untuk membantumu mengelola semua kanal bisnismu lebih baik, kamu bisa mencoba sistem omnichannel iSeller, lho! Coba sekarang gratis, yuk!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading