Banyak kerjaan tapi waktu terbatas? Coba Cara Monotasking aja! - iSeller Blog

Banyak kerjaan tapi waktu terbatas? Coba Cara Monotasking aja!

Punya banyak kerjaan, tapi gak punya cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya? Kamu harus coba cara monotasking!

Di zaman yang serba cepat ini, sering sekali kita dituntut untuk mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bersamaan. Mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan ini biasa disebut multitasking. Kamu pasti familiar dengan multitasking, atau bahkan pernah melakukan multitasking?

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Akhir Tahun yang Mendatangkan Untung

Tahu gak sih? Meskipun efisien karena bisa mengerjakan banyak hal sekaligus, faktanya multitasking ini bisa berdampak buruk untuk kualitas kerja dan juga kesehatan kamu. Karena fokus yang terbelah, kualitas kerja kamu bisa saja menurun. Pressure yang dihasilkan dari mengejar pekerjaan ini juga bisa menimbulkan stress.

Kalau kamu memiliki kekhawatiran tentang cara kerja kamu yang malah membuat stress, kamu harus mencoba cara monotasking! Apa sih monotasking dan gimana sih metode ini bisa bantu kerjaan kamu? Monotasking sendiri adalah aktivitas melakukan satu tugas dengan fokus penuh terhadap tugas tersebut, tujuannya supaya kamu bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan efektif.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institure of Technology, otak manusia hanya bisa fokus pada satu atau dua hal yang dikerjakan. Artinya, sebanyak apapun pekerjaan yang bisa dilakukan dalam satu waktu, manusia hanya bisa fokus mengerjakan satu sampai dua hal saja. Dari yang sudah kita bahas di atas, monotasking dinilai jadi metode yang tepat untuk kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih efektif. Tidak hanya itu, ini adalah manfaat lain dari monotasking yang harus kamu tau:

Mengerjakan tugas lebih efektif dan cepat

Dengan fokus pada satu pekerjaan tanpa harus terpecah pada banyak hal, kamu tentu bisa mengerjakan tugas lebih efektif.dan lebih cepat. Karena kamu bisa lebih fokus untuk menyelesaikan satu hal ini saja.

Menguatkan kemampuan konsentrasi

Saat pikiran kamu mulai kemana-mana, kamu akan mulai kehilangan fokus dan sulit untuk berkonsentrasi. Ketika kamu bisa fokus pada satu hal, kamu juga belajar untuk menguatkan kemampuan kamu untuk konsentrasi. Kamu bisa menguatkan kemampuan konsentrasi dengan menciptakan tempat kerja yang tenang tanpa gangguan.

Lebih detail mengerjakan pekerjaan

Fokus yang lebih tajam membuat kamu akan semakin detail mengerjakan pekerjaan kamu. Pekerjaan yang lebih detail juga akan membantu kamu merasa lebih puas akan tugas yang kamu jalani.

Setelah tau kelebihan dari monotasking, sekarang kita akan bahas gimana caranya kamu bisa mulai monotasking, coba tips di bawah ini ya!

Kamu bisa list kerjaan kamu dan set prioritasnya

Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah mulai list kerjaan kamu dan set prioritas dari masing-masing pekerjaan tersebut. Kamu bisa buat list ini sebelum kamu bekerja dan mulai mengerjakan pekerjaan tersebut sesuai dari list yang telah dibuat. Dengan begini, kamu bisa tau apa saja yang harus kamu kerjakan di hari itu.

Kurangi gangguan dan distraksi 

Mengurangi gangguan dan distraksi sangat bisa membantu kamu untuk fokus ke kegiatan yang kamu lakukan. Kamu bisa membangun suasana yang sepi dan jauh dari keramaian supaya kamu bisa mengurangi gangguan dan distraksi dari luar.

Maksimalkan waktu istirahat kamu!

Waktu istirahat ini sangat berguna untuk kamu pakai relax dari tugas yang kamu kerjakan. Dengan memaksimalkan waktu istirahat yang cukup, hal ini bisa membantu meningkatkan fokus kamu.

Baca Juga: The Future of Online Shopping is here, Live Shopping lewat TikTok Shop!

Itu dia manfaat dan cara agar kamu bisa mulai monotasking. Lakuin semuanya satu per satu dan mulai fokus yuk! Biar pekerjaan kamu selesai secara maksimal dan lebih memuaskan. Tunggu tips lain dari Minsel ya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading