5 Fungsi Aplikasi Stok Barang yang Perlu Diketahui

aplikasi stok barang
aplikasi stok barang

Aplikasi stok barang menjadi salah satu fundamental yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis saat ini, khususnya bagi para pelaku bisnis grosir. Apakah kamu saat ini juga sedang menjalankan bisnis grosir?

Hadirnya aplikasi stok barang memiliki berbagai macam manfaat yang dapat kamu rasakan ketika menjalani bisnis grosir. Kamu tidak perlu lagi menggunakan cara tradisional yang menyita cukup banyak waktu maupun tenaga.

Melalui artikel ini, iSeller akan memberikan informasi lengkap kepada kamu mengenai berbagai macam fungsi dari aplikasi ini yang penting untuk diketahui. Namun sebelum mengetahui fungsinya, mari kita simak terlebih dahulu pengertian dari aplikasi stok barang.

Apa Itu Aplikasi Stok Barang?

Bisnis grosir memiliki data produk yang sangat banyak dan sebagai pelaku bisnis, kamu tentu harus dapat mengelola data tersebut dengan baik dan teliti. Banyaknya data yang harus dikelola tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui sebuah software yang bernama aplikasi stok barang.

Baca Juga: Alasan Penting Memiliki Laporan Stok Barang

Singkatnya, aplikasi stok barang adalah software yang digunakan untuk mencatat dan melacak data barang yang kamu jual secara real time. Apabila dibandingkan dengan memasukkan dan mengelola data yang hanya melalui sebuah buku jurnal atau Microsoft Excel, penggunaan aplikasi ini tentu saja akan sangat memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis grosir.

Apa Saja Fungsi Aplikasi Stok Barang?

Berikut ini, ada 5 fungsi dari aplikasi stok barang yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1 . Mengurangi Terjadinya Human Error

Fungsi pertama yang akan kamu rasakan secara signifikan dari penggunaan aplikasi stok barang adalah berkurangnya human error. Apa itu human error?

Human error adalah kesalahan yang tanpa disadari atau tanpa disengaja dilakukan oleh manusia. Human error ini rentan terjadi di dalam hal-hal yang membutuhkan ketelitian yang tinggi, seperti pengelolaan data barang dalam bisnis grosir.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengelola Manajemen Stok Barang Supaya Tidak Merugi!

Kesalahan yang biasa terjadi di dalam pengelolaan data barang ini seperti salah memasukkan jumlah barang, lupa memasukkan data secara real time, ataupun karena beberapa faktor psikologis seperti rasa bosan yang membuat orang menjadi lalai. Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi ini, kesalahan yang ditimbulkan karena human error dapat diminimalisir.

2 . Merapikan Laporan Pengelolaan Stok Barang

Aplikasi stok barang tentu saja berfungsi untuk membantu merapikan laporan pengelolaan stok barang. Data-data yang dimasukkan ke dalam sebuah aplikasi ini akan lebih rapi dan kamu dapat dengan mudah mencari sebuah informasi yang dibutuhkan dari kumpulan data tersebut.

Laporan yang dihasilkan dari aplikasi stok barang akan memiliki kualitas yang baik dari segi akurasi dan tampilan datanya. Semua data dapat langsung diakses dengan mudah hanya melalui satu aplikasi saja.

Perlu kamu ketahui juga, setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyusun dan menyajikan sebuah laporan. Bentuk laporan yang berbeda-beda tersebut tentu akan menyulitkan kamu dalam membaca data yang disajikan di dalamnya.

Penggunaan aplikasi ini dapat memudahkan kamu untuk membaca data dari berbagai orang karena sudah ada format atau standar yang ditetapkan. Kamu tidak perlu lagi membuang waktu untuk memahami bentuk laporan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Contoh Laporan Stok Barang Gudang yang Mudah Diikuti

3 . Tersedia Fitur Low Stock Notification

Pengelolaan data secara manual tidak memiliki sistem pengingat secara real time apabila stok barang di gudang sudah mulai menipis. Lain halnya dengan aplikasi stok barang yang memiliki fitur low stock notification.

Fitur low stock notification memiliki peranan penting di dalam pengelolaan data barang karena kamu bisa mendapatkan peringatan apabila ada stok barang yang menipis di gudang secara real time. Dengan demikian, kamu dapat melakukan restock barang dengan cepat apabila barang tersebut memiliki demand yang tinggi dari para customer.

4 . Pengelolaan Gudang dalam Jumlah Banyak

Para pelaku bisnis grosir berskala besar biasanya memiliki lebih dari satu gudang. Hal ini tentu saja akan berdampak pada sulitnya pengelolaan barang dari tiap gudang yang dimiliki.

Dengan adanya aplikasi stok barang, hal ini tidak lagi menjadi masalah karena semua data sudah disimpan di dalam satu aplikasi yang dapat kamu akses di manapun dan kapanpun. Bahkan, semua orang yang memiliki tanggung jawab untuk memantau arus keluar-masuk barang di gudang juga dapat mengakses data yang sama hanya dari satu aplikasi saja.

5 . Memudahkan Audit Inventaris

Fungsi terakhir dari hadirnya aplikasi stok barang adalah untuk memudahkan audit inventaris. Bisnis grosir memiliki barang dan inventaris yang banyak. Apabila kamu masih menggunakan cara tradisional untuk mengelola inventaris di gudang, tentu akan ada banyak waktu dan tenaga yang terbuang dengan percuma.

Untuk memanfaatkan waktu dan tenaga seefisien mungkin, maka kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi stok barang. Pengelolaan inventaris akan lebih mudah dilakukan berkata data yang tersimpan di dalam aplikasi stok barang.

Baca Juga: Bisnis Lebih Efisien dengan Manajemen Inventori yang Baik

Jadi, itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai pengertian dan juga fungsi dari aplikasi stok barang. Sebagai informasi tambahan, iSeller bisa lho membantu proses stok barang dengan mudah, apalagi jika kamu menjalankan bisnis retail, yaitu sistem POS retail yang dapat membantu kamu untuk melesatkan  bisnismu tanpa batas dengan mengelolanya secara efisien.

Apabila kamu ingin mencoba layanan sistem POS retail kami, silakan hubungi iSeller sekarang juga. Tim kami siap untuk membantu segala kebutuhan bisnis kamu.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: