Aplikasi Persediaan Barang dan 5 Tips Memilihnya - iSeller Blog

5 Pertimbangan Memilih Aplikasi Persediaan Barang untuk Bisnismu

aplikasi persediaan barang
aplikasi persediaan barang

Bisnis tidak selalu berurusan dengan penjualan dan pemasaran, tapi harus memantau stok produk yang tersedia pula. Kehadiran aplikasi persediaan barang membuat kegiatan inventaris stok produk semakin lancar. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun bisa meminimalisir kesalahan input data stok barang karena bersifat otomatis.

Sebagai pengelola bisnis, kamu pasti ingin menggunakan sumber daya terbaik untuk bisnismu. Begitupun aplikasi stok barang, kamu pasti ingin mencari perangkat terbaik. iSeller akan memandumu dalam memilih dan mempertimbangkan aplikasi terbaik untuk inventaris produk.

Apa Itu Aplikasi Persediaan Barang?

Bisnis berskala kecil, menengah, hingga besar selalu berkaitan dengan inventaris produk. Stok produk harus dijaga dan dipantau secara rutin untuk memastikan ketersediaannya. Inventaris ini dapat meminimalisir stok produk yang berkurang sehingga bisa dilakukan restocking. Bisnis pun terhindar dari inefisiensi biaya akibat menyetok produk melebihi kapasitas yang tersedia. 

Baca Juga: Ketahui Cara Mengelola Manajemen Stok Barang Supaya Tidak Merugi!

Penggunaan aplikasi untuk memantau stok barang lebih efisien dibandingkan melakukan inventaris secara manual. Kamu tidak perlu pusing dalam monitoring ketersediaan barang satu per satu dan mencatatnya di spreadsheet. Belum lagi jika produknya heterogen dan bervariasi, kamu harus menghitung stok sesuai kategorinya.

Aplikasi persediaan barang mampu melakukan monitoring semua kegiatan bisnis terkait penyetokan produk. Aplikasi ini tidak hanya membantumu menghitung stok barang yang tersedia, tapi memiliki catatan rinci terhadapnya. Kamu bisa memantau jumlah pengeluaran produk, jumlah penerimaan produk, permintaan, tingkat penjualan, dan lain-lain.

Kegiatan inventaris produk pun harus menghitung permintaan barang dan tingkat penjualannya. Permintaan pasar terhadap produk selalu mengalami perubahan sewaktu-waktu dan bisnismu harus berusaha untuk menurutinya. Ketidakmampuan mengelola permintaan pasar akan berakibat pada kerugian lantaran banyaknya produk yang tersedia dalam inventaris.

Intinya, inventaris produk pun berhubungan pula dengan laba dan rugi yang diterima suatu bisnis. Jumlah atau ketersediaan produk menentukan strategi promosi yang harus dilakukan oleh bisnis agar barangnya cepat terjual. Semua kegiatan inventaris kini semakin mudah dijalankan berkat kehadiran aplikasi persediaan barang.

Baca Juga: 5 Fungsi Aplikasi Stok Barang yang Perlu Diketahui

Apa Saja Tips Memilih Aplikasi Persediaan Barang Yang Tepat?

Semakin banyak aplikasi inventory yang bisa digunakan untuk mencatat stok produk. Setiap aplikasi memang memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Namun, keputusan penggunaan aplikasi persediaan barang harus mempertimbangkan beberapa hal di samping fitur yang ditawarkan. Kamu harus ingat bahwa aplikasi inventory akan digunakan dalam jangka waktu panjang.

Agar tidak bingung memilihnya, iSeller menyediakan lima tips untuk memilih aplikasi inventaris terbaik. Baca uraian iSeller di bawah ini sebagai panduan lengkapmu.

1. Perhatikan Kualitas Developer Aplikasinya

Saat memilih aplikasi inventaris, periksalah kualitas pengembang atau developer aplikasinya. Bacalah feedback atau pengalaman tentang developer aplikasi tersebut, mulai dari positif hingga negatifnya sebagai bahan pertimbanganmu.

Kamu akan bekerja sama dengan developer tersebut, jadi cek kredibilitas yang mereka miliki. Perhatikan pula tampilan website developer-nya, apakah user-friendly atau tidak. Tampilan website yang indah dan mudah diakses bisa menjamin aplikasinya mudah digunakan, sebab mereka profesional dalam menjalankan bisnis ini.

2. Pastikan Aplikasinya Mudah Digunakan

Sebanyak apapun fitur yang ditawarkan, semuanya akan sia-sia jika aplikasinya tidak mudah digunakan. Kamu bisa bertanya pada pihak developer untuk presentasi penggunaan aplikasi inventaris yang ditawarkan. Jika ada yang menawarkan versi free trial-nya, ambil kesempatan tersebut untuk menilai kemudahan aplikasinya.

Teknologi berhasil digunakan apabila berada di tangan yang tepat. Jadi, pastikan kamu atau stafmu sudah melek teknologi dan cepat mempelajari aplikasinya. Staf yang lincah mengoperasikan aplikasinya membuat proses inventaris jadi lancar dan tidak terhambat. Free trial yang ditawarkan developer juga bermanfaat untuk mempelajari aplikasi tersebut.

3. Periksa Kemampuan Integrasi Aplikasinya

Teknologi hadir untuk membuat kegiatan bisnis jadi efisien, karena itu nilailah tingkat integrasi aplikasinya. Pastikan aplikasi persediaan barang mampu memuat informasi dari berbagai sumber hanya dalam satu aplikasi. Kamu tidak akan bolak-balik memantau stok barang dari berbagai aplikasi marketplace karena keuntungan ini.

Baca Juga: Integrasi Marketplace, Kelola Semua Channel jadi Satu

Bagi bisnis kecil, hal ini sering disepelekan lantaran stok yang tersedia tidak terlalu banyak, apalagi tersebar di berbagai situs jual-beli. Namun, kamu ingin menaikkan skala bisnismu suatu saat, bukan? Jadi, mulailah gunakan aplikasi ini untuk kemudahan proses inventaris bisnismu.

4. Pastikan Kemampuan Reporting Aplikasinya

Pada akhir periode penjualan, kamu membutuhkan laporan inventaris produk untuk dipantau. Karena itu, pilihlah aplikasi yang mampu menyajikan laporan inventaris secara apik dan mudah dibaca. Laporan atau data tersaji rapi lebih mudah dipahami dan dipresentasikan kepada orang banyak.

Baca Juga: Contoh Laporan Stok Barang Gudang yang Mudah Diikuti

Kamu pun dapat memilih aplikasi inventaris dengan fitur pemesanan stok secara otomatis. Tanyakan kepada developer untuk memastikan fitur ini ada dalam aplikasi yang akan digunakan.

5. Pertimbangkan Biaya Aplikasinya

Kamu akan menggunakan aplikasi inventaris dalam jangka panjang, jadi penting untuk memerhatikan indikator ini. Faktanya, biaya aplikasi persediaan barang tergantung pada jumlah fitur atau fasilitas yang dimiliki.

Siasati langkah ini dengan memerhatikan kebutuhan bisnis dalam inventaris produk. Pertimbangkan fitur yang ditawarkan developer, apakah mampu memenuhi kebutuhan inventaris bisnismu. Jangan sampai kamu mengeluarkan biaya besar untuk fitur inventaris yang belum tentu rutin digunakan, karena di situlah letak kerugiannya.

Itulah pertimbangan dalam memilih aplikasi persediaan barang yang cocok untuk bisnismu. Kamu bisa mencoba Sistem POS Retail dari iSeller agar lebih mudah dalam menghitung inventaris produk. Coba free trial iSeller sekarang atau hubungi tim iSeller untuk mengetahui fitur yang ditawarkan oleh platform omnichannel ini.

multi-channel

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading