Alasan Kenapa Automasi Penting untuk Bisnis Kekinian, Sudah Menerapkannya? - iSeller Blog

Alasan Kenapa Automasi Penting untuk Bisnis Kekinian, Sudah Menerapkannya?

automasi

Siapa yang tak ingin bisnisnya berjalan secara otomatis tanpa harus ada banyak campur tangan manusia didalamnya? Automasi sendiri dapat dipahami sebagai sebuah upaya menerapkan sebuah sistem yang dapat membantu menjalankan proses bisnis di berbagai pos.

Idealnya ketika bisnis telah menerapkan automasi untuk setiap prosesnya maka kinerja yang ditunjukkan akan sebanding dengan sistem yang digunakan. Harapannya jelas agar bisnis menjadi lebih efisien. Tapi hal ini tetap harus didukung dengan maintenance dan kontrol yang ketat, agar sistem selalu bekerja dengan baik seperti yang diharapkan.

Ada beberapa alasan mendasar kenapa automasi diperlukan untuk bisnis kekinian, dan mulai masif diterapkan pada industri.

Baca juga: Point of Sale (POS): 5 Tips Pakai Sistemnya Secara Optimal

Pertama, Jaminan pada Kualitas dan Konsistensi

Automasi mengakibatkan semua proses berjalan dengan tersistem dan sesuai dengan pengaturan yang diterapkan. Hasilnya, muncul konsistensi pada proses kerja perusahaan, baik yang berkaitan dengan pelanggan, pihak lain, atau urusan internal.

Pada urusan produksi dan layanan pelanggan, jaminan kualitas juga bisa diberikan. Hal ini karena semua proses kerja dijalankan oleh sistem yang minim pengaruh variabel manusia di dalamnya. Dengan begini selama format awal operasional dan sistem sudah baik, hasilnya akan selalu sama dengan harapan.

Tapi, adanya elemen manusia di dalam sistem bisnis tetap diperlukan, sebagai pengontrol dan melaksanakan fungsi monitoring. Nantinya pekerjaan akan beralih dan fokus pada memastikan sistem berjalan dengan baik dari waktu ke waktu.

Efisiensi Waktu yang Dimiliki Perusahaan

automasi

Kenapa automasi penting untuk diterapkan?

Karena proses ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi waktu yang dimiliki. Tenaga kerja manusia memiliki jam kerja yang jelas yang harus ditaati, sebab diatur dalam regulasi baku. Wajar jika kemudian perusahaan memiliki waktu libur secara operasional, karena staf yang bekerja memang dijadwalkan libur.

Tapi dengan automasi ini, kamu bisa tetap menjalankan beberapa proses yang diperlukan untuk melakukan produksi atau melayani pelanggan. Jadi pada dasarnya, waktu yang dimiliiki perusahaan dapat menjadi lebih efisien.

Semakin efisien penggunaan waktu yang dilakukan, maka idealnya semakin baik pula output yang dihasilkan oleh peruasahaan kamu. Dengan catatan sistem yang diterapkan benar-benar solid dan tidak sering mengalami error.

Membantu Proses Pencatatan dan Mengukur Kinerja Bisnis

Tidak hanya melaksanakan sistem yang secara aktif terus berjalan, tapi model sistem ini juga bisa membantu kamu melakukan pencatatan pada setiap transaksi yang dilakukan. Jadi pada akhir periode, kamu bisa dengan mudah melihat laporan transaksi, jumlah barang, nominal yang dimiliki bisnis, kewajiban yang masih harus diselesaikan, dan lain sebagainya.

Data-data ini tercatat secara otomatis ketika sistem telah diintegrasikan dengan apa yang digunakan di dalam perusahaan. Jadi logikanya, tidak akan terjadi kesalahan data pada pencatatan yang kamu miliki.

Apa efeknya?

Jelas untuk urusan laporan periodik data yang disajikan selalu solid. Untuk proses penyusunan keputusan strategis, acuan data bisa benar-benar sesuai kondisi riil, dan membantu membandingkan kinerja bisnis dari waktu ke waktu.

Sangat membantu bukan?

Kenyamanan Pelanggan yang Terjamin

automasi

Lanjutan dari poin pertama tadi, automasi juga membantu menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik.

Hal ini berlaku di sisi pelayanan komplain, kelancaran transaksi, kemudahan pembayaran, dan lain sebagainya. Respon yang diberikan oleh bisnis tidak lagi harus menunggu staf yang bekerja di titik ini tersedia, namun bisa dengan memberikan jawaban template untuk memetakan masalah yang dihadapi.

Praktisnya sistem ini juga bisa membantu memudahkan proses pembelian yang dilakukan pelanggan, sehingga pengalaman yang didapatkan akan lebih baik dari waktu ke waktu. Secara mendasar, automasi akan meningkatkan kualitas bisnis kamu secara menyeluruh di setiap titik bisnis.

Automasi dan Integrasi Sistem

Integrasi bisnis yang terjadi di setiap sektor akan banyak memudahkan operasional perusahaan kamu. Apalagi jika melihat bisnis kekinian, yang telah melakukan automasi di satu dan lain sektor bisnisnya, jelas akan sulit untuk bersaing ketika bisnis yang kamu kelola tidak melakukan hal serupa.

Ketika data yang dimiliki bisnis telah terdigitalisasi dan terintegrasi, dimanapun kamu melakukan penjualan, aktivitas pemasaran, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan bisnis, semua akan tercatat dan ter-update pada sistem yang kamu gunakan.

Pengelolaan bisnis menjadi semakin mudah dan praktis, sehingga waktu yang dipunya bisa semakin optimal pemanfaatannya.

Baca juga: Coba 7 Strategi Penjualan Ini untuk Bisnis Kamu! 

Salah satu bentuk automasi yang bisa kamu lakukan adalah pada sektor pelayanan pelanggan, dengan menggunakan POS System yang handal. Dengan demikian urusan penjualan bisa langsung diselesaikan tanpa harus membuang banyak waktu, tapi tanpa mengesampingkan akurasi pencatatan.

iSeller, kemudian hadir sebagai penyedia produk POS System yang handal untuk setiap jenis bisnis. Mampu mengintegrasikan berbagai kanal penjualan yang kamu miliki, semua pelaporan akan mudah diakses pada satu perangkat yang kamu punya. Integrasinya dengan sistem bisnis juga dapat dilakukan dengan cepat, sebab sistem dari iSeller cukup adaptif pada berbagai jenis bisnis kekinian. Segera ajukan COBA GRATIS sekarang juga, dan maksimalkan semua fitur yang ditawarkan oleh iSeller untuk bisnis kamu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading