5 Ide Bisnis Online Kekinian dan Tips Mengelolanya - iSeller Blog

5 Ide Bisnis Online Kekinian dan Tips Mengelolanya

Sebagai generasi kekinian, tentu kamu wajib melek dengan semua informasi terbaru dan kesempatan yang tersedia karena adanya internet dan semua fitur pendukungnya. Pencarian pada ide bisnis online bisa dilakukan dengan cukup mudah, selama kamu mau menggali lebih dalam terkait produk dan insight dari pasar atau pelanggan.

Tapi sekarang ini, adakah bisnis online yang masih menawarkan potensi keuntungan besar dengan modal yang ekonomis?

Well, pada dasarnya, bisnis online sendiri bahkan bisa dilakukan tanpa modal dana, jika berbicara mengenai model afiliator dari e-commerce atau sejenisnya. Namun apakah hanya itu saja?

Baca juga: Cara Manajemen Bisnis dan Penerapannya Dalam Bisnis Kamu

Ide Bisnis Online Modal Terbatas dengan Potensi Untung Besar

1. Pertama, Dropshipper

Model bisnis online ini sendiri akan mengandalkan kemampuan marketing yang kamu punya, untuk memasarkan produk pada segmen pasar yang pas. Tidak hanya itu, hal ini juga wajib didukung dengan kemampuan analisis pasar, dan produk apa yang kira-kira menarik untuk dibeli.

Sistemnya cukup mudah dipahami, kamu bisa membuat akun di situs jual-beli online, kemudian mencari produk yang kira-kira diminati oleh pasar yang disasar, kemudian membuat aktivitas pemasaran, untuk memasarkan produk tersebut.

Produk ini bukan produk yang kamu miliki, tapi produk orang lain yang kamu pasarkan dengan brand milikmu sendiri. Keuntungan didapat dari selisih harga dasar produk dan harga penjualan yang kamu tawarkan.

2. Jasa Asisten Virtual, Cukup Populer

Aktivitas bisnis di dunia online memang sudah demikian padat, seperti yang kamu tentu pahami. Tak sedikit orang atau bisnis yang membutuhkan asisten virtual, untuk membantu berbagai pekerjaan agar bisa selesai tepat waktu.

Tugas dari asisten virtual sendiri adalah untuk membalas email, membuat dan distribusi dokumen terkait pekerjaan, menanggapi pertanyaan pada media, membuat kontek, pencatatan agenda, reminder, dan beberapa pekerjaan administratif lain.

Mirip seperti pekerjaan karyawan pada umumnya, namun hal ini dilakukan seluruhnya secara online.

3. Jasa Translator, Spesifik, Bernilai Tinggi

Untuk kamu yang punya skill bahasa asing yang mumpuni, maka bisnis sebagai seorang translator bisa menjadi opsi yang menarik. Pada konteks sekarang ini, penerjemah banyak diperlukan untuk berbagai urusan terkait dokumen dan administrasi.

Tak sedikit bahkan yang kemudian terjun sebagai penerjemah untuk media-media yang banyak dikonsumsi. Mulai dari konten video pendek, penerjemah film, penerjemah buku manual, dan sebagainya.

Semakin spesifik bahasa yang kamu miliki, bisa jadi nilai dari keahlianmu semakin tinggi.

4. SEO Consultant

Google, menjadi mesin pencari terbesar yang ada saat ini dan paling banyak dipakai oleh berbagai pihak. Ide bisnis online selanjutnya adalah kamu bisa mengandalkan kemampuanmu dalam menggunakan Google Analytics, untuk membantu bisnis lain dalam optimasinya di mesin peramban ini.

Diperlukan keterampilan khusus memang, namun jika sudah dimiliki dan cukup ahli, SEO Consultant menjadi bisnis yang menjanjikan. Terlebih jika kamu bisa membentuk tim, untuk merencanakan dan menjalankan berbagai campaign yang memberikan hasil nyata, bisnismu akan banyak dicari oleh bisnis lain yang ingin melakukan optimasi ini.

5. Produk dengan Kategori Spesifik

Menjadi afiliator atau dropshipper berbagai produk memang salah satu ide bisnis online yang menggoda. Tapi jika kamu bisa berjualan produk dengan kategori spesifik, maka keuntungan yang kamu peroleh bisa jadi lebih besar.

Mulai dari kategori gadget, kemudian keperluan rumah tangga, bahan makanan berkualitas, keperluan bayi, perangkat kegiatan luar ruang, hiasan estetik untuk ruangan, hingga essential oil, semua bisa dipasarkan secara maksimal sebab ceruk pasarnya sangat jelas.

Ingat, lakukan riset pasar secara mendalam, dan temukan formula terbaik untuk approach pasar kamu dengan efektif.

Tips Mengelola Bisnis Online agar Selalu Menguntungkan

Pengelolaan bisnis online sejatinya tidak jauh berbeda dengan bisnis konvensional pada umumnya. Perhatian pada kebutuhan pasar, pemenuhan harapan pelanggan, customer service yang prima, relasi yang baik dengan produsen, dan penawaran harga yang kompetitif, menjadi kunci dari suksesnya bisnis online yang kamu punya.

Selain itu, kamu juga tidak boleh lupa untuk urusan pencatatan dan kemudahan pembayaran. Di era sekarang ini, pencatatan akan berperan besar dalam pengelolaan bisnis karena tanpa pencatatan yang jelas, kamu akan sulit melacak penjualan, jumlah stok barang, hingga estimasi ketersediaan barang.

Di sisi lain, pelanggan juga pasti ingin kemudahan dalam pembayaran agar transaksi yang dilakukannya lekas selesai. Ini mengapa, menggunakan perangkat POS yang tepat bisa menunjang pengelolaan bisnis secara optimal untuk ide-ide bisnis online yang disebutkan di atas.

Baca juga: Seberapa Pentingnya Punya Website Untuk Bisnis? 

iSeller, kemudian hadir untuk membantu bisnismu menjadi bisnis kekinian yang modern, praktis, dan akurat dari segi operasional. Fitur POS yang dapat secara fleksibel kamu maksimalkan membantu urusan pembayaran, lengkap dengan semua pencatatan penjualan dan stok barang. Kini, kamu bisa eksekusi ide bisnis online yang kamu punya dengan cepat, efektif, dan optimal, bersama setiap fitur yang ditawarkan oleh iSeller. Segera gunakan iSeller, dan mulai bisnismu sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading