4 Top Social Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu - iSeller Blog

4 Top Social Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu

Belakangan ini lagi tren belanja online di TikTok Shop. Aplikasi media sosial ini memanjakan para pengguna aplikasi mereka dengan memberikan mereka kemudahan dalam berbelanja langsung lewat aplikasi.

Baca juga: Cara Manajemen Bisnis dan Penerapannya Dalam Bisnis Kamu

Apa Itu Social Commerce?

Ternyata aktivitas belanja di media sosial ini punya julukan khusus yaitu “Social Commerce”, yang berarti proses jual-beli produk atau jasa yang terjadi langsung pada platform media sosial. Media sosial yang digunakan pun beragam. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada TikTok Shop yang sedang hits dan ada pula Instagram yang lebih dulu mengeluarkan fitur Instagram Shop untuk memberikan pengalaman belanja lebih mudah bagi para pengguna Instagram.

Beda E-Commerce dan Social Commerce?

Sebenarnya social commerce merupakan bagian dari e-commerce, perbedaannya hanya terletak pada aplikasi yang digunakan untuk berbelanja. Jika e-commerce biasanya mengandalkan aplikasi seperti toko online untuk berjualan, social commerce mengintegrasikan fitur jual-beli ke dalam aplikasi media sosial. Pengguna media sosial jadi gak perlu berpindah aplikasi jika ingin berbelanja. Hal ini tentu mempermudah proses mereka dalam berbelanja.

Manfaat Social Commerce

Interaksi Dengan Audiens

Bukan cuma berjualan dengan memasang foto produk, penjual juga bisa berinteraksi aktif dengan pelanggan melalui metode live streaming. Dengan adanya metode live streaming ini, pembeli juga bisa melihat dan bertanya mengenai katalog produk yang dijual.

Ulasan Terpercaya

Dengan adanya social commerce, pemilik bisnis bisa mendapatkan ulasan terpercaya langsung dari konsumen mereka melalui program live streaming atau berupa komentar langsung di foto yang mereka pajang.

Top Social Commerce yang Bisa Kamu Coba

  • TikTok

Seperti yang sudah disebutkan di atas, TikTok merupakan salah satu top social commerce yang bisa kamu coba. Selain karena platform yang memang sedang tren, TikTok Shop juga banyak memberikan promosi sehingga pelanggan kamu bisa berbelanja lebih nyaman dengan promosi yang diberikan

  • Instagram

Mendahului TikTok, Instagram memiliki Instagram Shop yang bisa digunakan untuk para penggunanya berbelanja. Instagram Shop juga bisa diakses dengan mudah lewat timeline Instagram.

  • Facebook

Facebook juga bisa kamu manfaatkan sebagai platform jual-beli. Dengan banyaknya audiens dan komunitas di Facebook, barang yang kamu jual juga bisa menjangkau pelanggan lebih masif.

  • WhatsApp Business

Tidak cuma digunakan untuk chatting, aplikasi WhatsApp juga sudah dimanfaatkan untuk berjualan. Kamu bisa mencoba berjualan di WhatsApp Business dan berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih mudah.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Akhir Tahun yang Mendatangkan Untung

Itulah 4 top social commerce yang bisa kamu coba untuk meningkatkan  penjualan di bisnis kamu. Jangan lupa juga untuk selalu aktif di semua platform penjualan yang kamu punya, karena penjual yang aktif dan responsif terhadap pertanyaan pelanggan menjadi faktor penentu apakah pelanggan akan membeli produk di tempatmu atau tidak.

Selain social commerce, kamu juga bisa mencoba berjualan online lewat website gratis yang disediakan oleh iSeller. Kamu bisa mengintegrasikan semua platform penjualan online, offline, di beragam marketplace lewat satu layar iSeller aja. Coba iSeller sekarang yuk!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading