8 Top Service Marketing Strategi untuk Kemajuan Bisnis Kamu - iSeller Blog

8 Top Service Marketing Strategi untuk Kemajuan Bisnis Kamu

service marketing

Apa sih yang dimaksud dengan service marketing? Serupa dengan jenis pemasaran lainnya, services marketing juga berperan penting dalam mendukung kesuksesan perkembangan strategi bisnis kamu, lho.

Adapun manfaat-manfaat tersebut di antaranya adalah mampu menjangkau dan mengakuisisi konsumen di customer base/basis pelanggan (sekelompok pelanggan yang melakukan repeat order) dengan lebih mudah. Manfaat lainnya adalah mempertahankan pelanggan potensial untuk setia kepada brand perusahaan sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selain itu, service marketing juga berguna untuk membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif terbaik, sehingga perusahaan mampu menyaingi atau mengalahkan kompetitor. Bahkan, strategi pemasaran yang satu ini juga mampu meningkatkan konversi pelanggan dan pendapatan bisnis.

Perusahaan juga dapat menetapkan harga, menyalurkan distribusi produk layanan atau jasa, dan promosi dengan lebih mudah. Lebih dari itu, service marketing juga bermanfaat untuk memotivasi dan meningkatkan keterampilan karyawan di departemen customer service untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

Karakteristik Service Marketing yang Harus Kamu Tahu

service marketing
Sumber: Freepik

Sebelum membahas mengenai strategi dalam service marketing, kamu harus tahu dulu soal karakteristiknya sehingga kamu akan memahaminya dengan baik.

  1. Intangibility (tidak berwujud): service dan barang atau produk adalah hal yang berbeda. Produk bisa dilihat, sementara service atau layanan tidak dapat dilihat tetapi dirasakan.
  2. Inseparability (tidak terpisahkan): pada umumnya jasa dijual dulu lalu diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama.
  3. Variability atau inconsistency (keanekaragaman): keanekaragaman yang dimaksud adalah service dibentuk dari banyak hal, tergantung pada kuantitas, kualitas, siapa, kapan diproduksi, dan lainnya.
  4. Perishability (tidak tahan lama): service atau jasa ini tidak dapat disimpan atau tidak tahan lama, di mana pada saat digunakan maka pada saat itu juga manfaatnya dirasakan.
  5. Lack of ownership: Maksud dari karakteristik ini adalah konsumen atau pembeli mungkin hanya memiliki akses atas jasa tersebut dalam jangka waktu tertentu saja.

Baca juga: Seberapa Pentingnya Punya Website Untuk Bisnis?

Strategi Service Marketing Paling Efektif

service marketing
Sumber: Freepik

Kalau sudah tahu karakteristik dari service marketing, sekarang kamu perlu mengetahui tentang strateginya. Di bawah ini adalah penjelasannya:

1. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik adalah satu hal yang sangat penting dalam service marketing. Dengan memberikan pelayanan terbaik, maka pada saat itu juga proses marketing ini berjalan. Konsumen yang puas akan terus menggunakan service dari bisnis yang kamu jalankan, sehingga dampaknya pendapatan perusahaan pun meningkat.

2. Berikan Kualitas yang Sebanding dengan Harga

Menentukan harga yang tinggi atau rendah sebaiknya harus kamu sesuaikan dengan jasa yang akan diberikan. Jika jasa yang diberikan memberikan manfaat yang besar, maka tidak salah kalau kamu menerapkan harga tinggi. Namun sebaliknya, jika manfaat yang diberikan sedikit maka sebaiknya tetapkan harga yang rendah. Jika kamu menerapkan harga tinggi, tentu saja konsumen akan pergi dan kamu akan kehilangan pendapatan.

3. Ikuti Perkembangan Teknologi

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus dapat mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini sangat penting, karena adanya teknologi akan membuat pelayanan yang diberikan semakin cepat.

4. Maksimalkan Kinerja SDM

Untuk melakukan sebuah pemasaran, tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM). Nah, SDM ini harus punya kemampuan komunikasi yang baik mengingat tugasnya adalah menawarkan jasa kepada konsumen. Jika kinerja mereka maksimal dan menarik perhatian konsumen maka pendapatan perusahaan pasti akan meningkat.

5. Terapkan Program Referral atau Rujukan

Strategi yang satu ini berupa rujukan atau teknik pemasaran dari mulut ke mulut, di mana cara pemasaran ini dinilai cukup efektif untuk mempromosikan suatu layanan atau jasa. Metode pemasaran referral bisa sukses dilakukan kalau pelanggan yang sudah ada saat ini merasa puas.

Pengalaman positif seperti ini akan dibagikan kepada orang lain sehingga menarik pelanggan baru ke bisnis kamu. Maka dari itu, kamu perlu memberikan pelayanan semaksimal mungkin supaya pelanggan yang datang tidak kecewa. Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo khusus kepada pelanggan yang memberikan referral. Jadi, penjualan bisa meningkat dengan lebih cepat.

6. Memberikan Edukasi pada Pelanggan

Kamu bisa menjelaskan tentang jasa atau layanan yang ditawarkan dari segi manfaat bagi pelanggan. Dengan edukasi pelanggan yang baik, maka kesadaran mereka akan keberadaan merek kamu bisa semakin meningkat. Kemudian, mereka akan lebih yakin untuk membuat keputusan pembelian.

Edukasi pelanggan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menuliskan artikel atau menjelaskan secara langsung melalui seminar, workshop, maupun talkshow.

7. Melakukan Pemasaran di Media Sosial

Media sosial tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi, tetapi juga bisa digunakan untuk saluran pemasaran. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, hingga YouTube, dan lainnya, kamu harus memaksimalkan setiap fitur yang ada di dalamnya sehingga kamu dapat membuat konten pemasaran menarik.

8. Memberikan Tutorial atau Demonstrasi

Dalam hal ini, kamu bisa menunjukkan cara kerja layanan atau jasa yang kamu tawarkan. Jadi, calon pelanggan akan semakin yakin untuk melakukan pembelian. 

Baca juga: 4 Top Social Commerce Untuk Bisnis Onlinemu

Itulah informasi mengenai service marketing yang perlu kamu kuasai. Selain soal strategi marketing, tentu saja kamu juga harus memperhatikan hal lainnya saat menjalankan bisnis.

Kalau kamu ingin berjualan dengan lebih mudah dan menyenangkan, iSeller adalah solusinya. iSeller punya fitur-fitur berjualan yang lengkap dan mudah dipakai sehingga bisa menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, dan memajukan bisnis kamu dengan cepat. Mulai dari pengelolaan produk, inventori, manajemen pelanggan, hingga pemasaran bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. iSeller adalah satu platform untuk semua kebutuhan bisnis kamu. Registrasi sekarang, langsung klik di sini ya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading