Ada 9 Manfaat QRIS dalam Transaksi Jual-Beli, Penasaran? - iSeller Blog

Ada 9 Manfaat QRIS dalam Transaksi Jual-Beli, Penasaran?

QRIS

Saat ini masyarakat semakin nyaman dan senang melakukan transaksi non tunai, terbukti dengan jumlah pengguna dan nilai transaksi salah satu sistem pembayaran nontunai Bank Indonesia yaitu Quick Response Indonesian Standard (QRIS) yang terus meningkat.

Quick Response Indonesian Standard adalah kode QR standar yang diatur oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk memfasilitasi pembayaran tanpa uang tunai di Indonesia. Metode pembayaran cashless yang satu ini pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2019 lalu oleh Bank Indonesia.

Dalam hal ini, setiap pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan cara memindai kode QRIS menggunakan aplikasi pembayaran QRIS yang mendukung. Misalnya, aplikasi e-Money seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, hingga aplikasi mobile banking yang memiliki fitur QR scanner seperti BCA, Sinarmas, Maybank, CIMB, dan lain sebagainya.

Keunggulan Quick Response Indonesian Standard  

Sebagai sistem pembayaran yang dapat memudahkan transaksi dengan berbagai platform, Quick Response Indonesian Standard memiliki karakter UNGGUL, yang artinya:

  • Universal, berarti QRIS menerima pembayaran apapun dengan satu QR code, sehingga tidak butuh berbagai macam aplikasi pembayaran.
  • Gampang, berarti pembayaran dengan QRIS mudah, hanya butuh sekali pemindaian dengan aplikasi smartphone.
  • Untung, berarti merchant dan pengguna hanya membutuhkan satu jenis QR code sehingga tidak perlu beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda-beda.
  • Langsung, berarti pembayaran digital dengan QR code dapat diproses langsung saat itu juga.

Baca juga: Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Dengan Mudah!

Bagaimana Cara Mendaftar QRIS?

Sumber: isellercommerce.com

Ada dua cara mendaftar QRIS, yaitu sebagai merchant dan sebagai pengguna yang perlu dipahami. Berikut ini adalah urutan cara mendaftarnya.

1. Mendaftar sebagai Merchant

  • Langkah pertama adalah membuat akun dengan mendatangi kantor cabang terdekat, atau mendaftar secara online pada salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) penyelenggara QRIS yang terdaftar.
  • Kemudian, lengkapi semua data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP.
  • Tunggulah sampai proses verifikasi, pembuatan Merchant ID, dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP.
  • Lalu, PJSP akan mengirimkan stiker QRIS dan install aplikasi merchant QRIS.
  • Selain itu, PJSP juga akan memberikan edukasi terkait tata cara menerima pembayaran kepada merchant.

2. Mendaftar sebagai Pengguna

  • Langkah pertama adalah registrasi dengan mengunduh aplikasi salah satu PJSP berizin QRIS yang terdaftar.
  • Kemudian, ikuti semua prosedur registrasi PJSP sampai selesai.
  • Isi saldo pada akun, dan akun sudah bisa digunakan untuk membayar pada merchant QRIS sesuai dengan petunjuk di aplikasi.

Apa Manfaat QRIS bagi Merchant?

QRIS
Sumber: isellercommerce.com

Tujuan adanya QRIS adalah untuk mempermudah proses pembayaran, baik bagi merchant atau penjual maupun bagi customer atau pembeli.

Lalu, apa manfaat QRIS bagi merchant atau penjual? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat QRIS bagi Merchant

  1. Transaksi Lebih Mudah. Yang dibutuhkan penjual jika ingin menggunakan QRIS cukup dengan satu kode QR, sehingga hal ini dapat memudahkan mereka dalam melakukan transaksi jual-beli.
  2. Lebih Banyak Alternatif Pembayaran. Konsumen memiliki kebebasan untuk menggunakan metode pembayaran, namun pembeli tidak perlu repot karena hanya dengan memiliki QRIS mereka dapat menerima berbagai metode pembayaran digital. Sehingga hal ini akan meningkatkan pembelian serta pembayaran non tunai.
  3. Mencegah Penipuan. QRIS mampu meminimalisir segala bentuk penipuan, misalnya ketika banyak penipuan dengan mata uang palsu, kode QR bisa mencegah hal ini karena semua transaksi dilakukan secara digital.
  4. Mudah Mendaftar sebagai Merchant. Kode QR yang terstandarisasi memudahkan merchant untuk tidak perlu lagi lama-lama mendaftarkan tokonya dengan berbagai aplikasi pembayaran lainnya. Cukup dengan mendaftar di QRIS, maka toko atau bisnis dapat dengan mudah menerima pembayaran dari mana saja.
  5. Praktis Dipantau dan Dianalisa. QRIS mencatat semua riwayat transaksi, sehingga akan memudahkan pemantauan secara real-time, dan semua pengelolaan keuangan toko akan lebih mudah.

Manfaat QRIS bagi Konsumen

  1. Bebas Melakukan Transaksi dan Memilih Metode Pembayaran. Satu keuntungan yang paling memuaskan konsumen adalah saat memiliki kebebasan untuk melakukan transaksi. Konsumen tidak perlu lagi merasa khawatir tentang metode pembayaran mana yang lebih baik dari yang lain.
  2. Bebas Menggunakan Semua Aplikasi Pembayaran. Jika toko sudah menerapkan QRIS, maka setiap konsumen dapat menggunakan semua aplikasi pembayaran untuk melakukan transaksi, karena kode QR yang disematkan di dalamnya sudah terstandarisasi.
  3. Transaksi Lebih Cepat. Semua pembayaran digital yang menggunakan kode QR standar bertujuan supaya transaksi lebih cepat dan praktis jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. 
  4. Kemudahan dalam Bertransaksi. Transaksi akan jauh lebih mudah karena pembeli tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar, menghitung jumlah uang yang harus dibayarkan, dan menghitung jumlah uang kembalian yang akan didapat. Mereka juga tidak perlu repot menyediakan uang kembalian atau khawatir jika nominal pembayaran yang diberikan tidak akurat.

Baca juga: Jual Produk Bagus aja Gak Cukup, Gini Biar Jualan Kamu Laris Terus!

Bagaimana, tertarik untuk mendaftar QRIS untuk bisnis Anda? Penggunaan QRIS untuk bisnis memang tidak perlu diragukan lagi, karena terbukti unggul dan bermanfaat.

Nah, iSeller hadir untuk membantu kamu dalam menumbuhkan bisnis tanpa batas dengan berjualan online dan offline di mana dan kapan saja. Fitur-fitur yang tersedia sangat lengkap dan canggih, salah satunya adalah iSeller Pay yang akan menjadi solusi pembayaran terlengkap. Sangat cocok untuk segala jenis usaha.

Cukup aktifkan iSeller Pay dan kamu bisa menggunakan berbagai pembayaran digital, termasuk kartu debit, kredit, e-wallet seperti GoPay, OVO, LinkAja, ShopeePay, Dana, UltraVoucher, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu dapat mengatur pilihan pembayaran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Sekarang adalah saatnya, kamu menikmati keunggulan iSeller Pay dengan semua kemudahan dan fasilitasnya. Pelajari lebih lanjut, dan dapatkan solusi terbaik untuk bisnis kamu, langsung saja klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading